Sabtu, 30 Januari 2010

Keutamaan Sholat

"Sungguh, beruntunglah orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya." (Al-Mu'minun [23] : 1-2)

"Dan orang-orang yang memelihara sholatnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi; (yaitu) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya." (Al-Mu'Minun [23] : 9-11)

Abdullah bin Mas'ud pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, "Amal apakah yang paling utama?" beliau menjawab "Sholat pada waktunya." (HR. Bukhari)

Abu Qatadah bin Rib'i menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Allah ta'ala berfirman, 'Sesungguhnya aku mewajibkan atas umatmu sholat lima (waktu). Dan aku telah berjanji, barang siapa menjaganya pada waktunya aku akan memasukkannya kedalam surga; ...(Sahih Abu-Dawud hadits no.430)

Sholat merupakan perkara pertama yang akan dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat. At-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya amalan pertama yang dihisab dari seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya baik, maka sungguh dia telah sukses dan selamat. Jika sholatnya rusak, maka sungguh ia telah gagal dan merugi. Apabila ada yang kurang dari amalan fardunya, maka Rab tabaraka wata'ala berfirman, 'Lihatlah, apakah hamba-Ku punya amalan sunah untuk mneyempurnakan kekurangan yang terjadi pada amalan fardunya?' kemudian semua amalnya pun diperlakukan seperti itu."

Sholat dapat mencegah perbuatan dosa. Allah SWT berfirman, "Dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaanya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kalian kerjakan." (Al-Ankabut [29] : 45)
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa ada seorang yang datang dan mengadu kepada Nabi SAW "Si fulan mengerjakan sholat dimalam hari, tetapi pagi harinya mencuri." "Sungguh sholatnya akan menghalangi apa yang kamu ucapkan." Sabda nabi SAW.

Sholat dapat menghapus dosa. Allah SWT berfirman, "Dan dirikanlah sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada permulaan malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (Hud [11] : 114)

Imam Muslim meriwayatkan dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda, "Perumpamaan sholat lima (waktu) seperti sungai yang mengalir deras dipintu rumah salah seorang dari kalian yang dia mandi disana setiap hari lima kali."

Abu Hurairah menyatakan bahwa, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa bersuci di rumahnya kemudian berjalan menuju salah satu rumah Allah untuk mennaikan sholat satu perkara yang difardukan Allah, maka salah satu langkahnya menghapuskan kesalahan dan yang lain meninggikan derajat." (HR. Muslim)

Masih dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh, para malaikat mendoakan salah seorangdari kalian selama dia masih di majlisnya, (mereka) berdoa, 'Ya Allah, ampunilah dia!, ya Allah rahmatilah dia!, selama dia tidak berhadats disitu. (Mereka juga mendoakan) salah seorang dari kalian yang mengerjakan sholat selama ia berada didalam sholat." (HR. Muslim)

Masih dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Sholat lima waktu dan sholat Jum'at ke sholat Jum'at adalah penebus (dosa-dosa) diantaranya selama tidak melakukan dosa-dosa besar." (HR. Muslim)

Usman bin Affan pernah mendengan Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada seorang muslim pun yang didatangi oleh sholat wajib, kemudian dia membaguskan wudhu, khusyuk, dan rukuknya, melainkan sholat itu menjadi kaffarat atas dosa-dosanya yang telah lalu selama dia tidak melakukan dosa besar. Dan dia berlaku sepanjang masa." (HR. Muslim)

Dari Usman bin Affan juga, dia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang berwudhu sehingga dia membaguskan wudhunya, lantas dia mengerjakan sholat, kecuali diampuni dosa-dosanya antara sholat itu dengan sholat berikutnya." (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar