Senin, 11 Januari 2010

Kedudukan Sholat Dalam Islam

Sholat 5 waktu merupakan ibadah yang paling mulia, sholat dalam islam mempunyai kedudukan yang sangat tinggi. Tidak ada ibadah-ibadah lain yang dapat menandinginnya. Sholat itu merupakan tiang agama. Agama tidak akan berdiri dengan kokoh dan tegak kecuali dengan tiang itu.

Rasulullah SAW bersabda :
"Sholat adalah tiang agama, barang siapa yang mengerjakannya berari ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkannya berarti meruntuhkan agama". (HR. Baihaqi)

Sholat adalah ibadah yang pertama kali diwajibkan oleh Allah, diperintahkan (dikitabkan) langsung kepada Rasulullah SAW. Anas r.a berkata : "Difardukan (diwajibkan) sholat kepada nabi Muhammad SAW, pada malam hari beliau di Isro'kan limapuluh (roka'at). Kemudian berkurang hingga menjadi lima kali (sehari semalam), lalu beliau dipanggil : "Hai Muhammad, sesungguhnya tidak akan diganti ucapan dihadapanKu. Namun sesungguhnya bagimu dengan lima ini sama dengan limapuluh". (HR. Ahmad, Nasai dan Tirmidzi).

Allah SWT berfirman : "Peliharalah semua sholat(mu) dan (peliharalah) sholat wusthaa (Ashar). Berdirilah untuk Allah (dalam sholatmu) dengan khusyu' " (Al-Baqarah : 238).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar