Senin, 01 Februari 2010

Kesucian Sebelum Sholat (Thaharah)

Pada kesempatan ini akan dibahas sekilas mengenai kesucian sebelum sholat (thaharah), hal ini hanya sebatas untuk sedikit mengingatkan kita tentang pentingnya kita selalu dalam keadaan suci. Bersuci dalam Islam menempati posisi yang sangat signifikan, karena dapat menyempurnakan iman dan sebagai penyempurna sholat. Iman seseorang akan semakin sempurna jika tubuhnya senantiasa dalam keadaan suci, sehingga ibadah apapun yang sedang dilaksanakan dapat mencapai kesempurnaan. Rasulullah SAW bersabda :
Suci adalah separuh dari iman, Alhamdulillah dapat menambah timbangan amal, Subhanallah dan Alhamdulillah dapat memenuhi langit dan bumi dengan kebajikan, sholat adalah cahaya, sedekah adalah pembuktian, sabar adalah penerang, Al-Qur'an adalah dalil bagimu dan untukmu. Setiap orang hendak pergi, maka hendaklah ia mengikat dirinya dengan hal-hal tersebut." (HR. Muslim)
Ketika bersuci disebut pertamakali dalam hadits tersebut, maka setiap muslim harus menjadikannya titik tolak setiap amal yang dilakukannya. Bersuci akan menghantarkan seseorang kepada derajat yang lebih tinggi, yaitu keimanan yang disertai dengan amal-amal yang akan mengukuhkan keislamannya.

Salah satu ibadah yang sangat menitikberatkan pentingnya bersuci adalah sholat. Sebagaimana firman Allah SWT :
"Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajah kalian dan tangan kalian hingga siku dengan air, usaplah sebagian dari rambut dan kaki kalian hingga mata kaki." (Al-Maidah : 6)
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :
"Sholat kalian tidak akan diterima jika masih dalam keadaan tidak suci hingga kalian melaksanakan wudu." (HR. Muslim)

Pada kesempatan lain akan ditambahkan lagi mengenai hadits dan ayat yang berkaitan dengan kesucian. InsyaAllah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar