Minggu, 07 Februari 2010

Fadillah Sholat Malam

Salah satu ibadah yang mendekatkan diri seorang hamba kepada Allah SWT adalah sholat malam. Oleh karena itu terdapat sejumlah ayat dan hadits Nabi SAW yang menganjurkan sholat malam serta menjelaskan sejumlah keutamaan bagi yang mengerjakannya, diantaranya sebagaimana firman Allah SWT :
"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air - mata air. Sambil menerima segala pemberian Rabb mereka, sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohon ampunan diwaktu pagi sebelum fajar. Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bagian." (Adz-Dzariyaat : 15 - 19)
Allah SWT juga berfirman :
"Dan orang-orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka." (Al-Furqaa : 64)
Kemudian Allah SWT memerintahkan kepada Rasulullah SAW untuk mengerjahakn sholat malam (sholat tahajud) sehingga sholat tersebut menjadi suatu kewajiban bagi beliau, lalu beliau menganjurkan kepada umatnya dalam sejumlah hadits dan menjelaskan berbagai keutamaannya. Maka segala puji hanya milik Allah yang telah menjelaskan segala sesuatu yang baik dan yang buruk bagi hamba-hamba-Nya yang beriman, melalui Rasul-Nya, Nabi kita Muhammad SAW. Sahabat Abu Dzar pernah berkata :
"Kami ditinggal wafat oleh Rasulullah SAW, tiada seekor burungpun yang membolak-balik dua sayapnya di udara, melainkan beliau mengingatkan kami ilmu darinya", Abu Dzar berkata : Maka beliau bersabda :"Tiada sesuatu yang tersisa yang mendekatkan ke surga dan menjauhkan dari neraka, melainkan telah dijelaskan kepada kamu." (HR. Thabrani)
Allah SWT berfirman :
"Dan pada sebagian malam hari dirikanlah sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat terpuji." (Al-Israa' : 79)
Allah memerintahkan Rasul-Nya untuk mengerjakan sholat tahajud setelah pada ayat sebelumnya Dia diperintahkan untuk mengerjakan sholat wajib. Allah SWT berfirman :
"Hai orang yang berselimut (Muhammad). Bangunlah (untuk sholat) dimalam hari, kecuali sedikit (daripadanya). (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan." (Al-Muzammil : 1-4)
Ummul Mu'minin Aisyah r.a. berkata kepada Abdullah bin Abi Qais :
"Janganlah engkau meninggalkan sholat malam, karena Rasulullah SAW dahulu tidak pernah meninggalkannya dan adalah beliau jika sakit atau kesal beliau sholat sambil duduk." (HR. Abu Dawud)
Oleh sebab itu, marilah saudara-saudaraku sekalian umat muslim, mulai saat ini mari kita biasakan untuk bangun dimalam hari untuk mengerjakan sholat tahajud. Semoga amal ibadah yang kita lakukan senantiasa akan selalu mendekatkan diri kita kepada Rabb kita, Amien.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar